Powered By Blogger

Sabtu, 24 Agustus 2019

Contoh Teks Ceramah Bahasa Indonesia


Teks Ceramah

Assalamualaikum warrahmatullah wabarakatuh.
            Yang pertama,marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah Swt. Yang telah melimpahkan rahmat,taufiq serta hidayahNya kepada kita semua.Tidak lupa salawat seta salam senantiasa kita haturkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang kita nantikan syafaatnya di yaumil akhir nanti.
            Hadirin yang berbahagia,izinkanlah saya menyampaikan sedikit uraian tentang “Manfaat Salat Tahajud”.Semoga uraian yang akan saya sampaikan ini dapat bermanfaat bagi kita semua.
            Salat Tahajud adalah solat sunah yang dilaksanakan di sepertiga malam. Banyak dari kita yang mungkin melewatkan sepertiga malam kita tanpa salat tahajud,namun ketahuilah salat tahajud memiliki manfaat yang banyak sehingga sangatlah rugi jika kita melewatkannya.
            Beberapa manfaat salat tahajud antara lain,melancarkan aliran darah ditubuh.Setiap muslim yang terbangun untuk solat tahajud nyatanya tak hanya sekedar berkeluh kesah,namun memberikan udara segar bagi seluruh organ tubuh.Ketika itu,udara masih segar dan dihirup oleh paru-paru,tubuh kita menggerakan seluruh otot yang membuat badan segar dan seluruh aliran darah terasa lancar.
            Selanjutnya,membesarkan rongga paru-paru.Gerakan takbiratul ikhram yang diikuti bersedekat sebenarnya membuka rongga paru-paru lebih lebar.Hal ni mampu memperlancar aliran udara menuju paru-paru dan merupakkan olah napas yang sangat baik selain olah raga.
            Meningkatkan kekebalan tubuh.Secara bio-teknologi,penemuan baru menyebutkan bahwa salat tahajud mampu meningkatkan daya tahan tubuh seseorang.Dr.Abdul Hamid dan Dr. Ah Qurquz mengatakan salat malam dapat meningkatkan imun tubuh terhadap berbagai penyakit yang menyerang jantung,otak dan organ lainnya.Disamping itu,bagi para penderita kanker akan merasakan manfaatnya juga,yaitu menghilangkan rasa nyeri yang kerap melanda.
            Selanjutnya,salat tahajud yang dikerjakan dengan ikhlas dan kusyu menumbuhkan motivasi positif dan respon emosi positif dapat menghindarkan stress.
            Hadirin yang berbahagia,
            Berdasarkan uraian yang saya sampaikan ,dapat diambil kesimpulan bahwa salat tahajud memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.Setelah mengetahui manfaat dari salat tahajud bagi kesehatan,marilah kita membiasakan diri untuk menjalankan sulat sunah ini.Selain mendapat manfaat salat tahajud,kita bisa mendapat pahala,ampunan dosa,cantik lahir batin,dikabulkan doa,diangkat derajat, dan insyaa Allah mendapat surgaNya.
            Demikian uraian yang dapat saya sampaikan.Saya mohon maaf apabila dalam menyampaikan ceramah ini banyak salah.Aatas perhatiannya,saya ucapkan terimakasih.
            Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar